Sejarah Program Studi

gedung-fkip-2

Program Studi Pendidikan Bimbingan Konseling pada awalnya menerima mahasiswa tahun 1964, pada saat itu masih di bawah naungan Fakultas Ilmu Pendidikan IKIP Bandung Cabang Banda Aceh. Program Studi tersebut dulunya bernama Jurusan Bimbingan Penyuluhan, kemudian sejak tahun 1968 FIP IKIP Bandung cabang Banda Aceh melebur dan berintegrasi dalam Universitas Syiah Kuala. Berikutnya pada tahun 1984 FIP dan FK Universitas Syiah Kuala berintegrasi lagi, sehingga menjadi FKIP Unsyiah. Sejak tahun 1984 Program Studi Pendididkan Bimbingan Konseling yang berpayung di bawah Unsyiah tidak dibenarkan lagi untuk menerima mahasiswa, hal tersebut sesuai dengan surat keputusan Dirjen Dikti tanggal 10 November 1984 No. 1792/D/G/1986.

Setelah dengan berbagai perkembangan yang logis dan didukung oleh kondisi FKIP Unsyiah dengan 16 orang tenaga Dosen yang memiliki keahlian dalam bimbingan dan konseling (S1 dua orang, S2 13 Orang dan S3 1 Orang) dan memiliki sarana dan prasarana penunjang akademik yang memadai. Kiranya semua fasilitas yang tersedia tersebut dapat menjawab tuntutan kebutuhan program bimbingan daan konseling untuk dapat melahirkan Sumber Daya manusia (SDM) yang berkualitas, sehingga Program Studi Bimbingan Konseling diizinkan kembali menerima mahasiswa pada tahun ajaran 1999/2000. Hal ini sesuai dengan surat keputusan Dirjen Dikti No. 145/DIKTI/KEP/2007.

Saat ini sudah 17 tahun sejak program studi ini menerima mahasiswa kembali. Regenerasi juga telah terjadi, beberapa alumni program studi sejak dibukanya kembali tersebut juga telah menjadi dosen baru di program studi ini. Walaupun begitu karena berbagai macam musibah yang terjadi jumlah dosen tetap saat ini hanya ada 11 orang, dilengkapi dengan dosen kontrak dan dosen luar biasa, serta beberapa alumni yang tetap setia membantu Program Studi. Semoga Program Studi Bimbingan dan Konseling FKIP Universitas Syiah Kuala dapat terus berkembang dan mengembangkan sayap untuk dapat sejajar dengan Prodi-Prodi BK lainnya secara nasional dan internasional. Mohon dukungan dan doanya.

 

506 kali dilihat, 1 kali dilihat hari ini